Jangan Buang AKI kering anda dulu

gw punya aki kering yang udah ga kepake, kurang lebih ini aki udah gw diemin di gudang 7 bulanan, sebelum ini aki tekor/ rusak, sebelumnya waktu gw beli motor second ini aki udah lama ada (ga tahu selama yg punya dl pernah ganti apa ga) tapi sebelum 7 bulan gw diemin aja, sebelumnya ini aki juga udah gw charger di tukang aki, tapi cuma bertahan 2 bulan kurang lah, memang sudah ga bagus kli. akhirnya pada april 2008 gw gantilah aki yang baru, saat na aki yang rusak ini lengser.

tapi setelah 6 bulan pakai, ternyata aki kering gw kembali tekor, gw cek lah ke tukang aki dengan harapan di charger bisa kembali fit, eh ternyata kata tukang aki na, nih aki udah lemah, ga bisa di isi, wah makin sedih deh. akhirnya karena belum ada dana buat beli aki baru gw biarin aja dl tuh motor bohay tanpa aki. takut na gw sih setelah ganti aki ternyata 6 bulan kemudian soak lagi, kan apes nama na. setelah dipikir2, dan setelah looking2 di google dan beberapa blog ternyata tidak mendapatkan jawaban yang puas. terutama mengenai cara mengecek kerusakan kelistrikan, ternyata tidak ada yang bisa memenuhi hasrat gw mengenai pertanyaan tsb. yang sebel nya lagi udah nanya ke blog na ahass masih belum ada jawaban. mw bawa ke tempat service honda resmi tar malah biaya na jadi makin nambah lagi, maklum deh motor second klo di bawa service resmi malah mahalan service na.

dulu sempet kepikiran untuk ganti kiproknya dulu, karena kalau gw beli aki na dulu terus ternyata kiprok na juga belum bener nanti tuh aki ga beberapa lama tekor juga pasti, setelah nanya2 ke ahass deket rumah, harga kiprok asli sekitar 190rb-an, sedangkan aki keringnya sekitar 200rb-an, wah-wah makin pusing deh gw. setelah pusing2 na ilang akhirnya gw menemukan situs yang membahas cara mengecek spull motor, nah referensi inilah yg gw pakai untuk kedepan na. karena gw termasuk orang yang kalau gw bisa ngerjain sendiri buat apa periksa ke bengkel, muahal bo klo ga punya kenalan. lalu gw cek lah spull motor gw, ternyata memang kurang supply listrik ma, mungkin karena itu aki gw tekor, karena supply na dikit jadi na aki tidak terisi dengan sempurna. lalu dengan semangat gw bongkarlah tuh spull. ternyata setelah susah payah dibongkar akhir na dapat dibuka juga, eh ternyata tuh spull udah bekas gulungan juga, wah2 pantesan aja. akhirnya besok bokap gw berangkat beli spull dan kiprok (kurang lebih sekitar 200an). yang pada akhirnya kiprok na pun tidak terpakai. karena yang lama masih bagus. setelah spull terpasang gw cek lagi pakai multitester, bagus ternyata arus na lbh besar dari sebelumnya.

berhubung aki belom sempet dibeli, gw nyari2 referensi dulu, pengen na sih pakai aki maxima tapi gw kwatirnya kalau pakai aki kering lagi nanti bisa tekor lagi, karena menurut beberapa sumber ( ternyata lbh banyak yang bahas aki di internet daripada kelistrikan motor) aki kering itu kalau di diemin maka akan lebih cepat tekor na daripada aki basah. trus sempet bingung juga mw pakai aki basah tapi ada efekna ga yach sama motor atau sama kelistrikannya, hasil searching2 ternyata cuma ada yang memberitahukan ga kenapa2 asalakan arus ampere na sama, dan ada juga yang mengatakan bahwa ampere pengaruhnya kalau kita memakai banyak aksesoris kelistrikan. wah makin bingung deh, karena banyakan yang membahas soal ini adanya di klub2 motor cowo (maksud na kya tiger, thunder, megapro) kan motor gw bebek. akhirnya udahlah besok gw mw langsung beli aki aja, nekat deh mw beli yang basah aja.

sempet was2 juga setelah sampai ke rumah dan pasang nih aki, mana bentuk na lebih besar lagi, untung lebarnya cukup di karisma gw, cuma rada tinggi aja, setelah gw tambahin kabel lagi buat yang negatip, karena kurang panjang akhirnya bisalah dipasang nih aki. first impression setelah kunci d kontak ke on, akhirnya indikator gw nyala juga setelah beberapa minggu. dengan menggunakan kick starter gw nyalahin deh tuh motor, ngreng…….ngereng………………………

akhirnya my baby blue bala-bala nyala juga. duh seneng na bukan maen. ok kita skip karena mw membahas aki yang soak tadi. nah karena gw masih penasaran gw apain tuh aki, nyari2 di google lagi ternyata pernah ada yang membahas ttng mengubah aki keringnya menjadi basah, sebenernya cukup simple caranya, cukup di buka aja tutupnya, berhubung aki motor gw kaya gini. jadi lebih gampang deh buat masukin air aki na (air yang tutup biru yach)

dsc00015

setelah gw isi lalu gw charger deh, kebetulan di rumah ada ac-dc converter, gw coba aja buat charger nih aki, kan nih udah aki basah. 10 menit d charger gw tes pake lampu ternyata tuh nyala tuh lampu, wah akhir na gw charger lg deh selama sekitar 5 0r 6 jam. trus gw tes lagi pake lampu, lebih terang lah yang jelas. terus gw cobain deh di motor, ternyata lampu panel nya nyala, trus gw klakson juga kenceng, tapi pas s starter, ngek….ngek….ngek….. ternyata tetep ga bisa d starter elektik. mungkin emang udah ga kuat buat starter elektrik tp mungkin aki gw yang gw beli bulan april kalau gw ubah jadi basah mungkin mw kali, tp sayang ah, nanti2 aja buat stok experimen nanti. sekarang pakai yg aki basah yuasa dulu aja.

lumayan lah punya aki 1 buat cadangan mati lampu. bsk2 klo punya aki kering yang dah mati/ tekor cobain kya gw dulu aja, mungkin bisa idup lagi. kan itung2 berhemat, 100 lumayan kan klo beli aki baru (aki basah tapi na).

kalau ada pertanyaan bs chat ma gw lsng di :

oneday_4_tomorrow

~ by oneday4tomorrow on 16 November, 2008.

28 Responses to “Jangan Buang AKI kering anda dulu”

  1. Wah bagus bro. Gw jg bru ngalamin nih yg nmnya aki tekor. Gw jg ga tau bnyk mslh per Aki an. Motor gw Supra X 125 D, kira2 mnurut bro wandi gmn baeknya y. Thanks a lot man.

  2. sory bro gw baru sempet buka blog gw. klo mw tny2 d YM aja bro di
    oneday_4_tomorrow.
    klo udah tekor sih sebaiknya d ganti bro. karena untuk aki kering klo motor lebih bnyk diem na (mksd na lbh sering d kandangin) dia malah akan lbh cepat tekor. atw klo emang mw experiment seperti gw, silakan d coba. nanti gw bantu tahap2an na klo memang ada kesulitan.
    tuk jelas na we can talk on YM

  3. Memang bisa bro..cuma ati2 …nutupnya yang rapet…kalo enggak …kaya di cs1 temen ku…cet rangkanya ngelotok dan berkarat akibat bocor air akinya…apalagi kalo posisi aki tempatnya tiduran…yah waspada aje..oce.

    • itu dia gan
      an ejga pernah ngalamin yang kaya begitu
      rugi besar dah

    • jangan pernah sekalipun nyoba trick ini di satria fu
      bisa kiamat tu motor karena tumpah
      klo di lain motor silahkan

      • Nice info gan, kbtulan ane ga pny fu, jd ga bkalan experiment ke fu, hehehehehe

  4. no.hpnya donk

  5. nice info bos …..

  6. motor ane kawasaki Blitz R, bawaan asli akinya kan basah, ane ganti pake aki kering, pertama ane pake aki merk cina, cuma tiga bulan, udah ga mw ngangkat waktu starter elektrik, trus ane ganti pake GS tipe GT6A(GM5Z-3B), baru 6bln di pake ternyata sama kasusnya, aki ga mw ngangkat waktu di starter elektrik, ko bs begitu knapa ya?kata tukang aki klo Blitz R butuh aki yang rada gede, emang bener?, trus klo pake yg 12V7Ah, pengaruh ga?

    • Coba di liat dl bawaan asli na sblm na pke brp ampere, klo lbh gede dari asli na takut na mlh terjadi apa2, klo aki kering klo motor na kelistrikan na dah ga bagus, pa lg dah ga bisa ngisi yg ada tuh aki makin cpt soak gan, balikin ke aki basah aja, tp tiap sebulan di cek aer aki na berkurang ga.

  7. ngak akan bertahan lama gan
    paling2 1 bulan mentok
    dah ane cobak berkali kali

    • Trik ini mang ga bisa di pake buat lama2 gan, nama na juga modif irit klo kepepet blm pny duit buat beli aki baru. Untuk yg pny mobil2an atw motor2an buat anak kecil mungkin bisa pke trik ini juga klo emang cocok, di tunggu info na bagi yg mw coba.

  8. resiko nya klo kena..plastik ap gan air aki..

    so motor w revo..?aki nya ad yg lemah gth..?
    dan w si inisiatif klo aki kring ny bisa di charger lagi jgn buat mesin motor..

    ide nya gw..mau buat..aki tambahan..di motor buat lampu,coz w hobi turing lumayan bisa buat..penerang jln..

  9. kebanyakan ngoro ngidulnya dari pada penjelasnya………..

  10. Salam mz bro,ak dh coba jg trik tsb,tp ak air aki botol merah,g ak cas dlu tp lgsg ak tmptin k mtr bw jauh,lumyn sih hasilnya tp g bs stater,skrg drob lg buat lampu spido ja g kuat.pusing lg

  11. vario ak juga sekarang pake aki basah bro…… abis aki kering yang GS cuma tahan 3 bulan
    bete ga tuh

  12. kalo emang aki udah koid d ganti aja dengan yang baru, kan beres. . .
    setau/pengalaman saya yang namanya aki itu tergantung perawatan. . .
    ane punya motor soul dpt ngredit sejak ahir tahun 2009 sampe sekarang aki belum pernah ganti. . .
    ane punya trix.a tapi ane gx mau ber bagi ilmu, ini rahasia bwat ane sndiri kalo ane bongkar rahasia ane bisa bangkrut dah. . .
    salam knal ja bro. . .

    • Trik na kan jng terlalu pasang beban listrik yg berlebihan gan, klo starter pagi2 pake kick starter aja, ∂da jg alat biar ga bkin aki soak. Inti na sεh rajin2 ϑί panasin aja tuh mtr na.

  13. eum gitu ya

  14. ikut nyundul,btl btl btl,perwatannya cuman kalo lama ga dipake>6jam,atau pagi,pake aj kick stater,bila mau ditinggal pergi berhari2,kabel negatif dilepas aj,dan bila aki agan2 ga awet,liat jg pengisian,kebocoran arus,ok

  15. Kalo gk mampu beli accu jual aja motor nya gamti sepedah, tahan lama asal kuat goes aja, wkwkwk

  16. kemarin ane jg hbis ganti accu ni…buat supra x 125…bekasnya d rongsokin 10rbu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: